Annual Report

Saturday 23 April 2016

“Giving Back” untuk Membangun Koalisi demi Anak Indonesia


"Ini semua tentang memberikan kembali!" ucap Kafin Sulthan, 11 tahun, salah satu dari beberapa selebriti Indonesia yang bergabung untuk membantu meluncurkan kampanye #GiveBackIndonesia. Dukungan untuk anak bisa datang dalam berbagai cara, dan contoh terbaru yang dibicarakan Kafin adalah melalui kolaborasi antara penyanyi dan tokoh masyarakat yang merekam lagu dan video berjudul "Give Back Indonesia."

Lagu dan video ini, diproduksi oleh produser musik Stephen Laurence Harvey, ingin memotivasi penonton untuk memberikan kembali demi meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Indonesia. Mr Harvey menyumbangkan rekaman lagu tersebut ke Madam Noor Traavik, istri dari Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, yang kemudian memberikan hak atas lagu dan video ke UNICEF.

"Ini pengalaman yang indah bagi saya, lagu ini adalah tentang memberikan kembali. Menurut saya ini sudah takdir, karena ketika idenya tercetus, semua pihak mendukung, dan semua orang memiliki waktu untuk melakukannya. Jadi pada dasarnya seluruh proses ini adalah takdir dan ini adalah cara saya untuk memberikan kembali, "kata Mr. Harvey pada saat konferensi pers.

"Saya mendorong dan menantang agar semakin banyak seniman muda Indonesia melakukan proyek serupa, dan semakin banyak dermawan bisa menyumbangkan untuk membantu anak-anak di seluruh dunia."

Serah terima berlangsung kemarin di kediaman Duta Besar Norwegia yang dihadiri oleh kerumunan wartawan dan beberapa artis, termasuk Kafin, yang berpartisipasi dalam lagu dan video.

Kolaborasi ini sesuai dengan keyakinan UNICEF bahwa untuk memberikan hasil terbaik untuk anak-anak kita semua harus bekerja sama dan menggabungkan upaya dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta. Sektor swasta memainkan peran penting dalam membantu meningkatkan kualitas hidup anak-anak.

"Kerjasama ini menunjukkan bahwa setiap orang dapat berkontribusi, terlepas dari latar belakang mereka, demi anak-anak Indonesia," kata Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia, Ibu Gunilla Olsson, pada saat konferensi pers. "Ketika saya pergi ke ladang di sekitar kepulauan dan saya pergi ke desa-desa, saya melihat anak-anak dengan harapan dan tekad di mata mereka, meskipun tidak ada guru ataupun dokter di mana mereka tinggal. Dan saya berharap inisiatif ini bisa membantu mereka memiliki lebih banyak guru atau dokter.”

Selain si bintang cilik Kafin, sejumlah penyanyi terkenal lainnya juga menghadiri konferensi pers tersebut, termasuk Joe Taslim, Syaharani, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, Kyla Christie, Reza The Groove dan Brianna Simorangkir.

"Saya benar-benar tersentuh dengan inisiatif ini dan saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk tetap membantu anak-anak Indonesia," kata Dira Sugandhi. Hal ini disetujui oleh Joe Taslim. "Saya sepenuhnya mendukung Give Back for Indonesia karena sebagai orangtua, saya juga sangat prihatin dengan masa depan anak-anak Indonesia, mereka adalah generasi masa depan kita", ucap sang aktor.

Aktor, atlit dan penyanyi Joe Taslim meminta masyarakat untuk mengangkat tangan mereka dan "Give Back" untuk anak Indonesia.   

Kemitraan antara sektor swasta dan UNICEF bisa saling menguntungkan, menggabungkan nilai Corporate Social Responsibility, meningkatkan profil perusahaan sekaligus meningkatkan kerja UNICEF atas nama anak-anak yang paling rentan di negara ini. Rekaman video ini akan digunakan oleh UNICEF untuk meningkatkan upaya penggalangan dana dan dilengkapi dengan link ke halaman donasi UNICEF untuk mendorong individu, bisnis dan sektor swasta, untuk Give Back kepada anak-anak Indonesia.